Notification

×

Panen Raya Padi di Desa Edalode Kecamatan Pantai

Senin, 15 April 2024 | April 15, 2024 WIB

panen_raya_rote_ndao
Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, serta rombongan didampingi Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, secara simbolis melaksanakan Panen Raya Padi di lahan milik masyarakat. (Dok. Istimewah)

MATALINENEWS, ROTE NDAO
- Usai pelaksanaan tatap muka di Desa Papela Kecamatan Rote Timur, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, serta rombongan didampingi Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, langsung menuju ke Dusun Sua, Desa Edalode Kecamatan Pantai untuk secara simbolis melaksanakan Panen Raya Padi di lahan milik masyarakat. Diketahui, Panen Raya ini menjadi salah satu agenda Pj. Gubernur NTT dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Rote Ndao, sabtu (13/04/2024).


Pj. Gubernur Ayodhia Kalake bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu tiba dilokasi Panen Raya sekitar Pukul 14.00 Wita usai bertatap muka dengan nelayan dan masyarakat di Desa Papela Kecamatan Rote Timur. Kehadiran rombongan Pj. Gubernur NTT di sambut dengan tarian dan syair adat Rote.

Panen Raya yang digelar pada lahan seluas 173 Ha di Kompleks Pertanian Moina ini menjadi momen penting bagi masyarakat setempat atas hasil garapan yang diperuntukan mendukung ketahanan pangan masyarakat serta kesejahteraan bagi petani.

Usai prosesi Panen Raya, Pj. Gubernur AYodhia Kalake didampingi Pj. Bupati Oder Maks Sombu kembali melakukan tatap muka dengan para Petani. Diskusi pun terjadi antara masyarakat dengan Pj. Gubernur NTT dan jajaran Pemprov NTT.

Pj. Gubernur NTT menjelaskan pembangunan sektor pertanian merupakan salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu dilakukan dengan serius terlebih terkait penguatan dalam bidang teknologi pertanian dan infrastruktur khususnya pembangunan Irigasi Induk.

Selain itu, untuk kepentingan pengairan lahan pertanian masyarakat, juga dapat dilakukan dengan penambahan Sumur Bor sembari meminta agar lokasinya dipersiapkan dengan baik. Pj. Gubernur Ayodhia juga menjelaskan kegiatan Rehab Irigasi dan meminta Pemkab Rote Ndao melalui Dinas PUPR Rote Ndao untuk membangun koordinasi dan komunikasi bersama dengan Dinas PUPR Provinsi NTT terkait hal ini.

“Semua usulan kami tampung dan untuk Kadis PUPR Rote Ndao dapat terus berkoordinasi dengan Kadis PUPR Kabupaten Pemprov NTT dan tentunya tetap menyesuaikan dengan APBD I dan APBD II,” jelas Ayodhia Kalake.
pj_gubernur_ntt_panen_raya_rote_ndao

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dalam kesempatan tersebut mengapresiasi berbagai usulan masyarakat dalam diskusi bersama Pj. Gubernur NTT. Pj. Bupati Rote tersebut meminta Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao agar melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi NTT terkait usulan yang disampaikan masyarakat. Ia juga menghimbau masyarakat menyampaikan usulan secara tertulis kepada pihaknya guna dapat ditindaklanjuti oleh Perangkat Daerah terkait.


Ketua Gapoktan Desa Edalode, Djoel Manubulu yang juga perwakilan masyarakat yang hadir dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah lewat pembangunan irigasi demi hasil pertanian yang lebih baik lagi. Pihaknya juga berinisiatif mengajukan usulan pembangunan Sumur Bor, penambahan stok pupuk supaya petani tidak mengalami kesulitan dalam bertani dan juga penambahan Embung serta penambahan ruas jalan tani.

Usai panen raya dan tatap muka, dilakukan penyerahan PMT bagi 16 orang penerima secara simbolis oleh Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dan Forkompinda Rote Ndao.

(**/red)