Notification

×

Siswi MIN 1 Lembata Tapilkan Tarian Rudath

Kamis, 18 April 2024 | April 18, 2024 WIB

tarian_rudath_lembata
Tarian Rudat Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Lembata menghibur seluruh warga Mutiara (Dok.ACLM/matalinenews)

MATALINENEWS, LEMBATA
- Tarian Rudat Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Lembata menghibur seluruh warga Mutiara dalam rangka penjemputan Bapak Camat Omesuri dengan agenda membuka rangkaian acara pembukaan perlombaan Kasidah Rebana, Ceramah Da I Cilik, Hifzil Quran dan Fashion Show Islami  yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) tingkat kecamatan di Desa Leubatang Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata NTT, Senin8/4/2024 (lalu).


Tarian Rudath merupakan tarian budaya khas daerah Kedang kecamatan Omesuri dan kecamatan Buyasuri. Tarian ini khusus dipergunakan dalam hal urusan keagamaan di Kedang, seperti menyambut kedatangan jamaah haji setelah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, atau mengantar pengantin laki-laki menuju majelis akad nikah, dan kegiatan keagamaan islam lainnya.

Atraksi tarian rudat dari siswa-siswi MIN 1 Lembata sambil bershalawatan mengantar bapak camat bersama rombongan menuju pelataran panggung perlombaan dilanjutkan dengan penabuh rebana oleh Remaja Masjid Mutiara Leubatang.

Saat ditemui pelatih Tarian Rudat, Suparman Sulaiman, S.Pd menjelaskan bahwa grup Tarian Rudat dibagi dalam tiga komponen yaitu pemain musik dengan alat reabana, penyanyi syair dan para penari, semua komponen saling bersinergi, dan ketiga komponen didukung oleh satu orang pemimpin yang mengatur jalannya tarian.

“peserta tarian rudat tidak terbatas tetapi maksimal 25 orang. Mereka terbagi atas tiga bagian, yaitu penabuh rebana (biasanya pemain laki-laki), kemudian beberapa pemain yang bertugas menyanyikan lagu shalawat nabi, serta sebagian orang sebagai penari, semakin banyak penari semakin bagus. Ketiga komponen pemain dikendalikan oleh satu orang pemimpin yang membunyikan sempritan, sebagai penyemangat  dan aba-aba perpindahan ke gerakan selanjutnya,” jelas pelatih," jelas Suparman

Kesempatan yang sama, camat Omesuri Ade Hasan Yusuf juga apresisasi penampilan siswa-siswi MIN 1 Lembata dalam membawakan tarian rudat yang biasanya dibawakan oleh orang dewasa.

“saya mengapresisasi kemampuan anak-anak MIN 1 Lembata, tarian ini biasanya dibawakan oleh orang dewasa, tetapi karena latihan yang rutin dan bimbingan tim pelatih, mereka ternyata mampu bawakan dengan sempurna,” pungkas Camat Omesuri Ade Hasan Yusuf

Penulis : ACLM
Editor : Red