Notification

×

SMK Muhammadiyah Kupang Gelar US Selama 5 Hari

Jumat, 05 April 2024 | April 05, 2024 WIB

smk_muhamadiyah_kupang
Foto: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kupang gelar Ujian Sekolah (US) Tahun 2024

MATALINENEWS, KUPANG-
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kupang gelar Ujian Sekolah (US) Tahun 2024.


Pelaksanaan ujian sekolah yang berlangsung selama 5 hari, Selasa 02 - 06 April 2024 ini mengacu pada surat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor 422/513/PK.2.1/2024, tanggal 12 Pebruari 2024 Tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Adapun pengawas ujian sekolah tahun ini, diawasi dari guru-guru internal di SMK Muhammadiyah Kupang

Kepala SMK Muhammadiyah Kupang Usman Sakan, M.PdI kepada media ini (05/03) menjelaskan bahwa ujian sekolah ini dilaksanakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar atau penyelesaian dari satuan pendidikan.

Selain itu, ujian sekolah juga merupakan penilaian hasil belajar oleh sekolah yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Dia menjelaskan bahwa, ujian sekolah di SMK Muhammadiyah Kupang dilaksanakan secara online di LAB Kumputer SMK Muhammadiyah Kupang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan yakni kurikulum 2013.

"Adapun soal ujian sekolah disusun oleh guru mata pelajaran berdasarkan standar penyusunan soal, bahkan ada mata pelajaran yang disusun bersama melalui wadah MGMP yakni mata pelajaran Pendidikan Agama Islam,"ungkapnya

Menurut dia, tujuan penyusunan soal berdasarkan standar yang ditentukan adalah untuk menjaga kualitas soal ujian sehingga menghasilkan output (lulusan) yang benar-benar memiliki komptensi yang baik.

"Harapan saya sebagai Kepala Sekolah, para guru dan pegawai SMK Muhammadiyah, semoga semua siswa kelas XII dapat mengerjakan soal dengan baik sehingga memperoleh hasil yang baik pula (lulus) dengan predikat yang sangat memuaskan," pungkasnya Kepala SMK Muhammadiyah Kupang Usman Sakan, M.PdI


(Panglima)