Notification

×

Terobosan Baru, Forum Pemuda NTT Akan Mendirikan Koperasi

Jumat, 19 April 2024 | April 19, 2024 WIB

ketua_forum_pemuda_ntt_yosep_meba
Organisasi Masyarakat (Ormas) Forum Pemuda Nusa Tenggara Timur (NTT) DPW NTT berencana akan membuat satu terobosan untuk mendirikan sebuah lembaga keuangan non bank dalam bentuk koperasi

MATALINENEWS, KUPANG
- Organisasi Masyarakat (Ormas) Forum Pemuda Nusa Tenggara Timur (NTT) DPW NTT berencana akan membuat satu terobosan untuk mendirikan sebuah lembaga keuangan non bank dalam bentuk koperasi. 


"Koperasi ini bagi saya sangat penting dalam membantu ekonomi Indonesia, dan dengan koperasi ini Forum Pemuda NTT bisa berbuat lebih banyak kegiatan sosial kemanusiaan untuk membantu saudara - saudara kita, terutama bagi kesejahteraan ekonomi anggota Forum Pemuda NTT sendiri," kata Ketua Forum Pemuda NTT DPW NTT Yosep Meba kepada wartawan di Kota Kupang, Selasa 16/04/2024.


Menurut Yosep, koperasi ini masih memprioritaskan keanggotaan awal dari Forum Pemuda NTT sebagai dewan pendiri koperasi tersebut. 


"Untuk awal, kita prioritas Anggota Forum Pemuda NTT yang aktif menjadi anggota koperasi. Namun, untuk kedepan kita berharap ada masyarakat di luar dari keanggotaan Forum Pemuda NTT ini bisa bergabung menjadi anggota koperasi Forum Pemuda NTT ini. Sehingga ini yang menjadi harapan kita, mudah - mudahan apa yang menjadi terobosan kita ini bisa menjadi menghidupkan Ormas Forum Pemuda NTT biar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas," ungkapnya. 


Dikatakan Yosep, jenis koperasi yang akan didirikan oleh Forum Pemuda NTT ini adalah jenis koperasi simpan pinjam. 


"Tetapi untuk kedepan untuk mempercepat proses yang terkait dengan bagaimana perkembangan koperasi ini, pilihan kita adalah kegiatan pengadaan sembako yang akan dilakukan terbatas bagi Anggota Forum Pemuda NTT," katanya. 


"Jadi kita jual sembako di kios atau usaha kita sendiri, lalu anggota sendiri berbelanja di kios kita. Sehingga dampak untuk kita secara organisasi pasti ada," jelas Yosep. 


Ia berharap, koperasi Forum Pemuda NTT ini kedepannya bisa berkembang luas dan mampu bersaing dengan koperasi - koperasi lain yang sudah berjalan terlebih dahulu. 


"Saya sangat yakin koperasi kita ini kedepannya bisa berjalan dengan baik. Kerena kita Organisasi Forum Pemuda NTT ini sudah DPD dan DPW di beberapa wilayah di Indonesia," ucap Yosep. 


Selain itu menurutnya, Organisasi Forum Pemuda NTT DPW NTT yang baru dideklarasikan pada 30 Desember 2023 kemarin sudah menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) perdana pada Sabtu 13 April 2024 di Kota Kupang. 


"Forum Pemuda NTT DPW NTT telah melakukan Rakerwil untuk menjawab apa yang menjadi ekspresi, eksistensi kita berharap organisasi ini bisa menjadi organisasi sosial yang benar - benar memberi peran yang berkaitan dengan kepedulian kemanusiaan di NTT," kata Yosep. 


Ia mengungkapkan, agenda yang dibahas dalam Rakerwil tersebut adalah memperkuat konsolidasi organisasi untuk menyatukan semua potensi kekayaan organisasi. 


"Hal ini sangat penting untuk perkembangan Forum Pemuda NTT kedepan," ujar Yosep. 


Lanjut Yosep, agenda yang menarik dalam Rakerwil Forum Pemuda NTT DPW perdana itu adalah soal mendirikan sebuah koperasi. 


"Sejarah dalam eksistensi dari Forum Pemuda NTT ini, DPW NTT mampu membuat satu terobosan atau inovasi, bagaimana kita bisa mendirikan satu lembaga keuangan non bank dalam bentuk koperasi," tutup Yosep.


(Red)