Notification

×

Merayakan Hardiknas 2024, SMP Muhammadiyah Kupang Gelar Lomba Literasi dan Numerasi

Sabtu, 04 Mei 2024 | Mei 04, 2024 WIB

smp_muhammadiyah_kupang
Foto: Siswa SMP Muhammadiyah Kupang (Dok.Fathur/matalinenews)

MATALINENEWS
, KUPANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Kupang laksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di lingkungan SMP Muhammadiyah Kupang pada Kamis, 02/05/2024.

Usai dari pelaksanaan upacara hardiknas 2024 hari ini dilanjutkan dengan perlombaan seperti lomba literasi dan numerasi.

Upacara Hardiknas yang berlangsung pada pukul 07.30 ini mengangkat tema "Bergerak bersama melanjutkan Merdeka belajar" sesuai dengan amanat Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

"Tema tersebut mengajak seluruh elemen dimulai dari guru sebagai pendidik, peserta didik bahkan semua masyarakat agar saling membantu melanjutkan transformasi Pendidikan di Indonesia," ungkap Wakil Kepala SMP Muhammadiyah Kupang Asrin Banfatin.

Dia menjelaskan bahwa, merdeka belajar merupakan sebuah gerakan yang menitikberatkan pada kemandirian belajar pada peserta didik. Pendekatan ini mendorong peserta didik agar lebih aktif kreatif dan kritis dalam proses belajar mengajar, hal ini sejalan dengan cita-cita pemerhati pendidikan Indonesia yakni Ki Hajar Dewantara, di mana tujuan beliau adalah ingin menciptakan generasi bangsa yang mandiri cerdas dan berkarakter mulia.

Oleh karena itu, lanjut dia, di SMP Muhammadiyah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional mengadakan berbagai macam lomba yakni literasi dan numerasi.

Lomba literasi yang dimaksud seperti membaca puisi sinopsis dan seni seperti menyanyi solo atau karaoke serta galasin. Sedangkan lomba numerasi meliputi lomba cerdas cermat MIPA serta mading kelas.

"Kami sebagai guru SMP Muhammadiyah dengan adanya lomba literasi dan numerasi ini dapat mendorong siswa agar lebih aktif, kreatif dan kritis dalam belajar sehingga generasi yang mendiri cerdas dan bergerak termulia sebagai tujuan Ki Hajar Dewantoro agar tercapai dengan baik," ujar Asrin

Dia juga berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah dan diikuti oleh semua peserta didik ini, setelah mereka mengikuti mereka mampu mengambil nilai positif, seperti membentuk karakter mereka sehingga memiliki prestasi yang lebih baik kedepannya

"Diharapkan terutama pada literasi yang selama ini anak-anak atau siswa belajar di dalam kelas mampu menunjukkan yang terbaik hari ini maupun ke depan," pungkas Wakil Kepala SMP Muhammadiyah Kupang Asrin Banfatin.

Diketahui kegiatan perlombaan menyongsong hardiknas 2024 ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu dimulai tanggal 2 Mei sampai acara puncak tanggal 4 Mei 2024 sekaligus  pengumuman juara dan pembagian hadiah kepada siswa yang dinyatakan juara oleh dewan juri.


Penulis : Fathur