Notification

×

SD Muhammadiyah 2 Kupang Gelar Ujian Sekolah Berbasis Online

Selasa, 14 Mei 2024 | Mei 14, 2024 WIB

sd_muhammadiyah_2_kupang
Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Kupang selenggarakan ujian sekolah berbasis online selama 3 hari sejak hari 

MATALINENEWS
, KUPANG - Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Kupang selenggarakan ujian sekolah berbasis online selama 3 hari sejak hari Senin (13/05) - Rabu (15/05).


"Siswa yang mengikuti ujian tahun ini, berjumlah 75 siswa yang di bagi menjadi 4 ruang ujian. Sementara pelaksanaan ujian online ini menggunakan Hp Android yang sudah disiapkan masing siswa."ungkap Panitia Ujian Sekolah Akbar Baso S.PdI kepada media ini, Selasa (14/05/2024) pagi.


Dia juga menjelaskan bahwa ujan online ini merupakan ujian yang kedua tahun 2023/2024, sementara persiapan dari pihak sekolah adalah melakukan simulasi, kemudian dari dinas juga dua kali melakukan simulasi,  dan sumulasi yang diselenggarakan berjalan lancar tidak ada kendala sehingga tentunya kami yakin bahwa pelaksanaan ujian mulai hari kemarin sampai hari kedua ini berjalan aman dan insya Allah tidak ada kendala.


"Untuk ujian hari pertama sesuai dengan jadwal, mata pelajaran matematika kemudian hari kedua mata pelajaran IPA dan pada hari ketiga mata pelajaran bahasa Indonesia dan selanjutnya tiga hari berikut merupakan ujian sekolah dengan mata pelajaran lainnya yang sifat ujiannya adalah secara offline," ujar Akbar


Tahun ini pulsa data untuk siswa masih ditanggung oleh pihak orang tua, sehingga dia berharap kedepan pulsa datanya disediakan oleh pihak sekolah. Kemudian hal lainnya yaitu anak- anak mengalami sedikit kendala yaitu, anak- anak sulit membaca karena soal ujian sangat kecil di HP sehingga diharapkan kedepan kalau bisa dibantu dengan proyektor infokus sehingga di samping anak- anak melihat soal di hp juga bisa dibantu dengan proyektor infokus didepan kelas.


Kepala SD Muhammadiyah 2 Kupang, Marjan, S.Pd menyampaikan bahwa untuk persiapan ujian tahun 2023-2024 ini benar-benar disiapkan dengan baik, karena ujian ini merupakan ujian online yang membutuhkan kemampuan yang lebih baik untuk memahami kalimat untuk menjawab soal-soal yang ada di aplikasi.


"Tentu ujian ini sangat diharapkan bagaimana anak bertanggung jawab dalam menghadapi ujian yang menggunakan HP,"ungkap Marjan


Ia menjelaskan bahwa, untuk ujian tahun ini kita membentuk panitia khusus yang bertanggung jawab untuk kesiapan- kesiapan dari menata kelas persiapan konsumsi dan peralatan lain-lain yang dibutuhkan saat ujian online.


Ujan online ini sudah dilaksanakan dua kali,  Alhamdulillah ujian yang kedua ini ada peningkatan dibandingkan ujian pada tahun sebelumnya, anak-anak lebih muda dan lebih memahami aplikasi yang disiapkan oleh pemerintah


"Ujian online ini memberikan banyak manfaat diantaranya adalah tidak menggunakan APK yang begitu banyak sehingga tidak berdampak pada anggaran sekolah. Kami berharap anak-anak yang mengikuti ujian online dan dilanjutkan dengan ujian sekolah sendiri semoga mereka mendapatkan hasil yang terbaik dan kami lebih berharap agar supaya anak-anak lulus 100%," pungkas Kepala SD Muhammadiyah 2 Kupang, Marjan, S.Pd .


(Panglima)